fbpx
Beranda 🚀 Artikel 🚀 Aplikasi Pompa Submersible Beroperasi Dengan Baik

Aplikasi Pompa Submersible Beroperasi Dengan Baik

Apa Yang Anda Ketahui Tentang Pompa Submersible?

Aplikasi Pompa Submersible ~ Pompa submersible, seperti pompa lainnya, digunakan untuk memindahkan cairan dari satu titik ke titik lainnya. Perbedaan utama antara pompa submersible dan jenis lainnya adalah bahwa ia benar-benar terendam dalam cairan yang harus dipompa. Pompa ini dapat digunakan dalam berbagai aplikasi pemompaan . Mereka juga memiliki kelebihan dan kekurangan, yang harus dipertimbangkan saat membuat pemilihan pompa.

Seperti namanya, pompa submersible dirancang untuk bekerja dengan seluruh perakitan, terdiri dari pompa dan motor, terendam seluruhnya dalam cairan atau medium untuk diproses. Pompa jenis ini memiliki motor yang tertutup rapat yang terhubung erat dengan badan pompa. Selungkup kedap air di sekitar motor biasanya diisi oli untuk melindunginya dari kerusakan dengan mencegah masuknya cairan apa pun yang dapat menyebabkan korsleting.

Aplikasi Pompa Submersible

Pompa submersible beroperasi dengan mendorong, bukan menarik, cairan selama proses pemompaan. Ini sangat efisien karena pompa menggunakan kepala cairan yang terendam untuk beroperasi dan tidak ada energi yang dikeluarkan untuk menarik cairan ke dalam pompa. Motor didinginkan oleh cairan di sekitarnya, mencegah panas berlebih.

Banyak pompa submersible di industri minyak dan gas yang beroperasi sesuai dengan prinsip Electric Submersible Pumping (ESP). Ini adalah metode hemat biaya untuk mengangkat sejumlah besar cairan dari sumur dalam. Motor yang digunakan dalam sistem ESP dirancang untuk beroperasi di bawah suhu dan tekanan tinggi. Mereka membutuhkan kabel listrik khusus dan biayanya mahal.

Aplikasi Pompa Submersible

Pompa submersible umumnya sangat andal dan mampu beroperasi dengan baik dalam kondisi yang sulit. Aplikasi Pompa Submersible dibuat dengan coran besi yang kuat dan terlindung dari korosi dengan epoksi berlapis.

Berikut adalah beberapa aplikasi utama pompa ini:

  • Air limbah : Pompa celup banyak digunakan di industri pasir dan air limbah . Pompa ini sering digunakan di stasiun pompa karena kompak dan lebih murah untuk dipasang dibandingkan pompa lainnya.
  • Pengolahan limbah: Aplikasi ini membutuhkan pompa submersible, seperti pompa grinder, yang dapat mengangkut material padat tanpa halangan untuk masuk ke pembuangan. Pompa ini sering kali mengurangi bahan limbah menjadi partikel untuk memudahkan penanganan dan pengolahan hilir.
  • Pompa Air Bah : Pompa submersible sering digunakan untuk mengeluarkan cairan dari area tertentu dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam. Ini bisa termasuk mengosongkan kolam tailing dari operasi penambangan atau memompa keluar air dari bangunan setelah banjir.
  • Pengerukan: Pompa ini digunakan oleh otoritas pelabuhan untuk mengeruk pelabuhan. Mereka harus dirancang khusus untuk menangani cairan dengan kandungan padat tinggi.
  • Sumur: Sumur air dan lubang bor menggunakan pompa ini untuk mengangkat air ke permukaan. Industri minyak dan gas menggunakan pompa submersible ESP secara ekstensif untuk mengangkat minyak ke permukaan dari sumur dalam.
  • Penambangan: Tambang menggunakan pompa submersible ESP yang dirancang berbeda dari yang digunakan dalam industri minyak dan gas. Mereka harus menghadapi kondisi yang parah karena air tambang sangat asam dan membawa padatan tersuspensi.
  • Aplikasi kelautan: Pompa celup digunakan oleh semua kapal laut untuk menangani banjir di atas kapal dan bongkar muat tongkang. Pompa celup benar-benar sangat diperlukan. Dalam beberapa kasus ini, industri tidak akan dapat beroperasi tanpa mereka.

Bagi bapak/ibu sobat INVIRO semua, yang sedang mencari/membutuhkan alat water treatment/filter penjernih air dan peralatan air minum dengan harga yang cukup murah dan kompetitif, silahkan menghubungi ke nomor telepon kontak layanan CS Kami Disini dan pastikan bapak/ibu semua dilayani oleh CS INVIRO secara professional. Ref.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *